PERPANJANGAN SIM GANTI ALAMAT

15 June 2011 at 15:04 15 comments

Sekedar share buat teman-teman yang ingin perpanjangan SIM tapi ganti alamat KTP.  SIM saya berakhir bulan Mei 2011, pernah teman menanyakan ke kantor Polres di kabupaten tempat domisili saya sekarang. katanya …. meskipun nanti cabut berkas dari alamat lama, tapi toh nanti tetap ujian lagi baik tulis maupun praktik. Waduuuw….. bakal makan waktu lama nih… pikirku.

Tapi saya kok tidak percaya begitu saja, karena SIM itu kan sifatnya nasional. sehingga hasil tes di daerah tertentu bisa pula dijadikan acuan untuk melengkapi persyaratan di tempat yang baru. akhirnya saya googling, dan nemu blog seseorang..(maaf saya lupa alamat blognya) kalau nggak salah dia sharing pengalaman pindah dari Tangerang ke Semarang. katanya cabut berkasnya 50 ribu, trus prosedurnya sama seperti perpanjangan di tempat domisili yang baru. Nah kalau gini saya jadi lega…………… karena tidak banyak menyita waktu.

Pagi-pagi sengaja saya ijin untuk mengurus perpanjangan SIM sampai selesai. jam 8.30 saya berangkat dari kantor. sampai Poltabes Yogyakarta sekitar pukul 8.50, kemudian langsung menuju bagian pengurusan SIM.  Ada beberapa bagian di situ, dan kebetulan di bagian informasi belum ada petugasnya. Lalu saya mencoba menuju ruang arsip, ternyata di situ memang tempat untuk pencabutan berkas. syaratnya mudah yaitu fotokopi KTP domisili yang baru serta fotokopi SIM. Setelah itu kita disuruh nunggu, petugasnya mencarikan data kita (data saat kita mencari SIM dulu…. hasil ujian teori, ujian praktik, serta tes-tes lainnya). Kira-kira nunggu 1 jam arsip saya berhasil ditemukan, dan saya pun dipanggil untuk mengeceknya. Untuk pencabutan berkas itu dikenai biaya 20.000 rupiah.

Setelah urusan pencabutan berkas selesai, kira-kira pukul 10.00 saya langsung ke Polres Bantul menuju bagian pengurusan SIM. Petugas menerangkan syarat-syaratnya, dan salah satunya adalah harus ada Surat Sehat dari dokter (boleh periksa di mana saja). Karena harus mencari surat sehat dokter, akhirnya saya putuskan untuk mengurus perpanjangan SIM keesokan harinya saja.

Hari berikutnya saya berangkat dengan membawa berkas yang dibutuhkan yaitu : fotokopi KTP, fotokopi SIM, berkas pencabutan, dan surat dokter, yang selanjutnya membayar di Bank yang sudah disediakan Polres tersebut sebesar Rp. 75.000 (dengan menunjukkan berkas-berkas tadi). Setelah itu, semua berkas dan slip pembayaran tadi kita masukkan ke loket perpanjangan SIM, dan menunggu untuk dipanggil untuk diberi formulir isian (nunggunya kira2 setengah jam, tergantung antrian). Setelah formulir terisi lengkap lalu saya masukkan lagi ke loket tersebut, disertai dengan SIM kita yang lama. Nah… sekarang kita tinggal nunggu untuk dipanggil pada sesi pengambilan foto (pemotretan). Sesi ini yang memakan waktu tunggu lama sekali, tergantung jumlah antrian juga, (waktu itu saya nunggu hampir 3 jam). Setelah sesi pemotretan selesai harus nunggu lagi untuk dicetakkan SIM kita yang baru. Tapi waktu tunggunya tidak begitu lama, kira-kira seperempat sampai setengah jam.

Jadi kesimpulannya biaya perpanjangan SIM untuk kita yang pindah alamat adalah sbb :

Biaya pencabutan berkas Rp. 20.000

Biaya tes kesehatan Rp. 20.000 (tergantung di mana kita periksa, bisa lebih mahal, lebih murah atas bahkan gratis)

Biaya pembelian formulir Rp. 75.000

Murah dan gampang kan….! Lebih enak daripada kita bikin SIM baru……

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

SPC BOSS 2000……HaPeku

15 Comments Add your own

  • 1. FX Soebroto  |  23 February 2012 at 13:39

    Nice info bro.

  • 2. Anonymous  |  29 March 2012 at 18:27

    nice info brader

  • 3. admin  |  8 April 2012 at 20:42

    terima kasih

  • 4. DD  |  30 April 2012 at 23:25

    Kenapa saya harus ikut ujian lagi ya? biaya nya hingga 350.000, di Polres Sumedang

  • 5. admin  |  1 May 2012 at 07:39

    Itu dalam keadaan SIM saya masih hidup lho, saya ngurusnya sekitar pertengahan bulan Mei. Cukup masukkan berkas yang dicabut dari kota asal (Poltabes Yogya) ke kota di mana kita berdomisili (Polres Bantul). Berkas dari kota asal kita kan sudah lengkap (sidik jari, hasil tes tulis, hasil tes praktik). Dan kebetulan kalo DIY itu kan provinsinya kecil, sehingga pindah berkas dari Kota Yogya ke Bantul tidak memakan waktu lama.
    Dulu pengalaman saya ketika saya mau pindah dari Jatim ke Jogja, disarankan buat baru aja, dengan alasan karena kalau harus cabut berkas ke Jatim, mungkin ongkos bolak-baliknya bisa melebihi daripada buat SIM baru di Jogja.

  • 6. adit  |  21 May 2012 at 09:25

    numpang nanya nih..
    tuh waktu cabut berkas, harus orang nya sendiri (sesuai nama dalam SIM) atau bisa diwakilkan orang lain.
    soalnya mau urus perpanjangan SIM nya istri..

    thx

  • 7. admin  |  23 May 2012 at 13:42

    Bro Adit, maaf saya agak lupa, seingat saya dulu mereka minta copyan SIM saya yang lama, mungkin kalau cabut berkas, yang ngambil tidak harus yg punya SIM gak apa-apa.

  • 8. adit  |  21 June 2012 at 19:27

    okok.. thanx ya buat informasinya..

  • 9. ismiati  |  14 August 2012 at 14:12

    polres bantul perlu ditinkatkan kinerjanya dan PRAKTEK PERCALOAN HARUS DIBERSIHKAN APARAT NEGARA HARUS BERSIH DAN JUJUR. MASAK SAYA PERDANJANGAN SIM BUTUH WAKTU 4 JAM LEBIH MREKA YG LEWAT CALO 30 menit JADI??

  • 10. admin  |  21 August 2012 at 12:45

    Mungkin yang lama antri itu sesi pengambilan fotonya, saya dulu juga lama ngantrinya ya pas sesi itu.

  • 11. projo  |  9 December 2012 at 18:12

    Ngurusnya ganti sim baru juga di samsat ya?

  • 12. Anonymous  |  3 January 2013 at 12:45

    Betul mas, berkas lama diserhkan ke samsat alamat kita yang baru.

  • 13. jeckbearly  |  4 November 2013 at 17:27

    tnks gan infonya

  • 14. The sims 4 torrent  |  3 February 2014 at 08:11

    The Sims 4 is the hugely expected life simulation recreation that lets you engage in
    with daily life like in no way prior to. Create new
    Sims with intelligence and emotion, whose each action is
    educated and affected by their interactions and psychological states.
    Knowledge all new intuitive and enjoyable creative
    resources. Sculpt your Sims in Generate A Sim and build distinctive houses with the
    tactile room-based Construct Method. Control the mind, human body,
    and coronary heart of your Sims with dynamic, emotion-rich gameplay, and
    bring your stories to lifestyle.

  • 15. Anonymous  |  20 March 2014 at 13:22

    makasih mas broo..infomu sangat bermanfaat

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Translate

Tamu ke

free counters

Chatting yuk…..

Alexa Certified Traffic Ranking for www.nawrinawamreh.wordpress.com

Today’s Polling

Blog Stats

  • 10,392 hits

Archives


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.